Home > News

Australia Open 2024: Jadi Juara, Akhirnya Ana/Tiwi Pecah Telor

Pasangan ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menjadi juara Australia Open 2024.
Pasangan ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menjadi juara Australia Open 2024. (Sumber foto: PBSI)
Pasangan ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menjadi juara Australia Open 2024. (Sumber foto: PBSI)

Badmintonews.id, SYDNEY -- Pasangan ganda putri Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi menjadi juara Australia Open 2024. Di babak final, Ana/Tiwi mengalahkan pasangan Malaysia, Liem Chiew Sien/Lai Pei Jing, Ahad (16/6/2024).

Di babak pertama, jual beli pukulan sudah terjadi sejak awal gim. Rally-rally panjang juga terjadi di antara kedua pasangan. Namun pasangan baru Malaysia ini begitu kokoh pertahanannya. Ditambah peran Pei Jing Lai yang terbiasa bermain ganda campuran begitu dominan di depan net.

Sebaliknya, Ana/Tiwi kesulitan menembus pertahanan lawan dan justru malah mati sendiri. Mereka tertinggal dengan 5-11 dan melepas gim pertama dengan 12-21.

Ana/Tiwi tak membiarkan lawan berkembang sejak awal gim kedua. Mereka langsung unggul 8-0 dan 11-3. Liem Chiew Sien juga terlihat kelelahan akibat rally-rally panjang di gim pertama. Ini pun dimanfaatkan Ana/Tiwi untuk merebut gim kedua dengan 21-9.

Di gim yang menentukan, Ana/Tiwi juga memanfaatkan kelelahan lawan dengan terus memberikan servis panjang dan bola-bola lob ke bagian belakang lawan. Liem Chiew Sien juga kerap mati sendiri. Ana/Tiwi memenangkan pertandingan dengan 21-13.

Gelar juara ini sangat berarti bagi karir Ana/Tiwi sejak di kelas senior. Karena ini menjadi gelar pertama mereka, apalagi di turnamen level Super 500.

Di turnamen Thailand Open 2024 Super 500 beberapa waktu lalu, Ana/Tiwi pun menembus babak final. Meski kemudian harus takluk dari wakil tuan rumah.

× Image