Home > News

Japan Open 2024: Nihil Juara, Dua Pasangan Baru Punya Peluang Besar

Dua pasangan baru ganda putra Indonesia terhenti di babak semifinal Japan Open 2024.
Dua pasangan baru ganda putra Indonesia terhenti di babak semifinal Japan Open 2024. (PBSI)
Dua pasangan baru ganda putra Indonesia terhenti di babak semifinal Japan Open 2024. (PBSI)

Badmintonews.id, TOKYO -- Dua pasangan baru ganda putra Indonesia terhenti di babak semifinal Japan Open 2024. Namun begitu pelatih menilai ada peluang besar untuk Daniel Marthin/Muhammad Shohibul Fikri dan Bagas Maulana/Leo Rolly Carnando.

"Dua wakil ganda putra bisa lolos ke semifinal Japan Open 2024 merupakan pencapaian yang cukup bagus. Mereka baru pertama kali dipasangkan. Hanya masih ada kekurangan-kekurangan. Karena antara latihan dan pertandingan itu lain. Tetapi saya lihat kedua pasangan ini sudah bisa saling mengisi. Dari segi komunikasi juga baik. Tentu saja tetap masih ada kekurangannya," kata pelatih ganda putra Pelatnas, Aryono Miranat.

Aryono menilai dari segi kekurangannya masih sering terlambat kapan seorang pemain harus bergerak ke depan atau ke belakang. Rotasinya belum bagus dan masih harus diperbaiki.

Dari segi teknik kedua pasangan sudah cukup baik. Meskipun begitu tetap harus dimatangkan lagi, baik Daniel/Fikri maupun Leo/Bagas. Terutama, di ganda putra itu permainan depan sangat penting. Servis dan terima servis itu penting.

"Sebab dengan servis dan terima servis yang baik, akan bisa menekan dan menyerang terus lawan. Sebab, kekuatan ganda-ganda kita adalah di serangan," kata dia.

"Dari segi pertahanan kedua pasangan sudah baik. Cuma tetap harus diperbaiki dan ditambah variasinya," kata Aryono lagi.

Untuk pasangan senior Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, mereka belum optimal karena belum cukup waktu persiapan dan berlatih setelah pulang dari Olimpiade Paris. Juga suasana hati dan pikiran setelah gagal di Olimpiade masih terbawa.

"Keduanya belum fokus ke pertandingan. Masih ada rasa kecewa dan sedih karena gagal di Olimpiade lalu," kata dia.

Menurut dia, bisa lolos ke 8 besar itu cukup lumayan baik buat Fajar/Rian. Walaupun itu performanya belum maksimal. Cuma untuk ke depannya keduanya harus bisa kembali fokus lagi. Ditambah lagi, meskipun ini bukan alasan, Rian juga lagi kena flu.

"Setelah Olimpiade, mereka harus berjuang lagi. Karena di dunia bulutangkis itu harus terus menerus berlatih. Masih banyak kejuaraan di depan," kata dia menambahkan.

Seperti diketahui, dua pasangan baru tersebut diturunkan di Japan Open 2024 dan Korea Open 2024. Usai Japan Open 2024, mereka akan bertanding di Korea Open 2024 yang dimulai Selasa (27/8/2024) ini di Seoul.

× Image