Home > Netting Tipis

6 Atlet Bulu Tangkis yang Memutuskan Berhijab, Salah Satunya Mualaf

Sebagian besar atlet yang memutuskan memakai hijab setelah keluar dari Pelatnas.
Mantan pemain tunggal putri Indonesia, Hanna Ramadhini yang kini sudah berhijab
Mantan pemain tunggal putri Indonesia, Hanna Ramadhini yang kini sudah berhijab

Para atlet putri bulu tangkis, khususnya di Indonesia, tak banyak yang memutuskan untuk memakai hijab. Apalagi di tengah padatnya turnamen dunia yang harus diikuti dan tuntutan prestasi dari Pelatnas PBSI.

(Baca juga: Kisah Hijrah Mohammad Ahsan)

Berikut sejumlah atlet yang memutuskan untuk berhijab:

1. Hanna Ramadhini

Hanna Ramadhini merupakan pemain tunggal putri Indonesia yang sempat menjadi andalan. Dia pernah menempati peringkat 32 dunia dan meraih medali perak di ajang SEA Games 2015.

Demi memakai hijab, bahkan Hanna rela untuk meninggalkan Pelatnas PBSI pada 2018. Setelah keluar, dia pun memantapkan diri untuk berhijab dan tetap bermain bulu tangkis. Dengan memakai kerudung dan legging di tangan dan kakinya, Hanna tetap lincah dan serius dalam bertanding.

(Baca juga: Tontowi Ahmad, Lulusan Santri yang Berkibar di Olimpiade)

Setelah menikah dengan mantan pemain bulu tangkis yang kini menjadi pelatih, Arya Maulana, Hanna pun mengikuti suaminya melatih di klub-klub di Amerika Serikat. Dalam unggahannya di Instagram, saat ini Hanna tinggal di Chicago.

Mantan pemain ganda putri Indonesia, Rizky Amelia Pradipta yang kini berhijab.
Mantan pemain ganda putri Indonesia, Rizky Amelia Pradipta yang kini berhijab.

2. Rizky Amelia Pradipta

Rizky Amelia Pradipta merupakan pemain spesialis ganda. Sebelum di pelatnas, Rizky bermain ganda putri dengan Pia Zebadiah Bernadeth dan bermain ganda campuran bersama Marcus Fernaldi Gideon. Saat di Pelatnas, Rizky fokus di ganda putri.

(Baca juga: Marcus Fernaldi Gideon, Pernah Keluar Pelatnas, Terpuruk dan Bangkit Lagi)

Sebelum keluar dari Pelatnas, Rizky sudah terlihat ke arah untuk menggunakan hijab, saat bertanding dengan menggunakan legging. Per 2020, Rizky tak lagi bergabung di Pelatnas. Kini Rizky menyibukkan diri menjadi Aparatur Sipil Negara (ASN) yang menjadi 'buah' dari prestasinya selama menjadi atlet

Mantan atlet bulu tangkis, Pia Zebadiah Bernadeth yang kini sudah berhijab.
Mantan atlet bulu tangkis, Pia Zebadiah Bernadeth yang kini sudah berhijab.

3. Pia Zebadiah Bernadeth

Pia Zebadiah Bernadeth merupakan adik dari legenda bulu tangkis peraih emas Olimpiade 2008, Markis Kido. Saat aktif menjadi atlet bulu tangkis, bahkan Pia bermain di tiga nomor yaitu tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran.

(Baca juga: Insiden Acungan Jempol ke Bawah di Laga Minons Vs Duo Mads)

Saat tak lagi di Pelatnas dan kemudian menikah, Pia juga memutuskan memakai hijab. Kini Pia sudah fokus membesarkan anaknya. Terakhir, Pia ikut bertanding membela PB Jaya Raya di ajang Djarum Superliga 2019.

Mantan atlet bulu tangkis, Adriyanti Firdasari yang kini berhijab.
Mantan atlet bulu tangkis, Adriyanti Firdasari yang kini berhijab.

4. Adriyanti Firdasari

Adiyanti Firdasari merupakan pemain tunggal putri yang berjaya di eranya bersama Maria Kristin Yulianti. Firdasari pernah meraih medali emas di SEA Games 2005 dan 2007 serta juara Indonesia Masters 2014.

Kini, setelah keluar dari Pelatnas dan gantung raket, Firdasari serius menekuni bisnis dengan membuat brand hijabnya dengan nama By.Dya pada 2019.

Mantan atlet bulu tangkis, Febby Angguni yang kini berhijab
Mantan atlet bulu tangkis, Febby Angguni yang kini berhijab

5. Febby Angguni

Febby Angguni merupakan pemain tunggal putri dari PB Djarum yang sempat masuk ke Pelatnas. Dia pernah menjuarai beberapa turnamen kelas International Challenge. Prestasi tertingginya, Febby sempat lolos ke babak perempat final Indonesia GPG 2013.

Kini Febby telah berhijab dan memiliki brand pakaian olahraga hijab dengan nama Victory Balance. Saat ini, Febby masih aktif bermain di liga-liga bulu tangkis di Eropa. Dan dia bertanding dengan memakai hijabnya.

Mantan atlet bulu tangkis, Maria Febe Kusumastuti yang kini berhijab
Mantan atlet bulu tangkis, Maria Febe Kusumastuti yang kini berhijab

6. Maria Febe Kusumastuti

Pemain bulu tangkis yang berhijab terakhir yaitu Maria Febe Kusumastuti. Sebelumnya Febe merupakan penganut nasrani. Pada 2013, Febe memutuskan untuk masuk Islam dan menjadi mualaf.

Febe pernah membantah, dia masuk Islam karena ingin mengikuti kekasihnya yang kini menjadi suaminya, Andrei Adistia. Febe dan Andrei yang juga pemain bulu tangkis ini menikah pada 2017. Dan hingga kini mantap memakai hijabnya.

Terus istiqomah...

× Image