Home > News

SEA Games 2023: Memanas, Tim Putra Indonesia Tantang Malaysia di Final

Tim beregu putra Indonesia ke babak final SEA Games 2023 setelah mengalahkan Singapura 3-1. Di final, Indonesia akan melawan Malaysia.
Tim beregu putra Indonesia ke babak final SEA Games 2023 setelah mengalahkan Singapura 3-1. Pasangan Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Rambitan menjadi penentu kemenangan Indonesia. Di final, Indonesia akan melawan Malaysia.
Tim beregu putra Indonesia ke babak final SEA Games 2023 setelah mengalahkan Singapura 3-1. Pasangan Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Rambitan menjadi penentu kemenangan Indonesia. Di final, Indonesia akan melawan Malaysia.

Tim beregu putra Indonesia ke babak final SEA Games 2023 setelah mengalahkan Singapura 3-1, Rabu (10/5/2023). Pasangan Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Rambitan menjadi penentu kemenangan Indonesia.

Indonesia meraih angka pertama melalui kemenangan dramatis pemain tunggal pertama, Chico Aura Dwi Wardoyo terhadap Juara Dunia 2021 Loh Kean Yew dengan 10-21, 21-7 dan 24-22. Indonesia unggul 1-0.

"Pertandingan ini ditentukan siapa yang paling siap di lapangan terutama di poin-poin kritis gim ketiga karena kita berdua sudah sering bertemu jadi sudah saling tahu permainan masing-masing," kata Chico.

"Kemenangan terakhir melawan Loh Kean Yew menjadi motivasi buat saya. Saya bisa belajar dari pertemuan itu bagaimana menerapkan permainan di lapangan," kata dia.

Indonesia memperbesar angka kemenangan melalui ganda pertama, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri yang mengalahkan Hee Yong Kai Terry/Loh Kean Hean dengan 21-15 dan 21-17.

"Kemenangan Chico di pertandingan pertama memang membuat kami senang tapi saat masuk lapangan tetap ada tegangnya juga," kata Bagas.

Sayangnya, Christian Adinata gagal memberikan angka kemenangan setelah takluk dari Jia Heng Jason Teh dengan 21-15, 12-21 dan 14-21. "Saya terlalu menggebu-gebu untuk menang tapi malah bumerang buat saya sendiri," kata Adinata.

"Dari permainan saat lawan sudah dapat ritme permainannya, saya malah jadi kacau, jadi tegang dan tidak bisa mengontrol permainan sendiri. Di pertandingan selanjutnya saya harus belajar lebih tenang di setiap keadaan," kata dia.

Pasangan Pramudya Kusumawardhana/Yeremia Erich Yoche Rambitan menjadi penentu kemenangan setelah mengalahkan Nge Joo Jie/Johann Prajogo dengan 21-18 dan 21-16. Indonesia memenangkan semifinal dengan 3-1. Laga kelima pun tidak dipertandingkan.

"Untuk besok kami harus mengurangi banyak kesalahan sendiri dan lebih konsisten dalam bermain. Jangan mudah buang banyak poin," kata Yeremia.

"Senang rasanya bisa kembali bertanding pasca cedera. Inginnya memang tanding terus sekarang," kata dia menambahkan.

Di final, Indonesia akan menantang Malaysia yang harus bekerja keras mengalahkan Thailand dengan 3-2. Indonesia berpeluang mengawinkan medali emas setelah tim beregu putri juga ke final dan akan melawan unggulan pertama, Thailand, besok.

× Image